5 Manfaat Pantastis dari Biji Durian untuk Kesehatan

Durian adalah salah satu buah yang memiliki banyak penggemar di Asia Tenggara. Rasanya sangat khas dengan tekstur lembut seperti mentega, memang itu sering digunakan sebagai makanan atau minuman olahan.

Ketika memakan buah ini dengan nama lain Durio zibethinus, banyak orang mungkin membuang bijinya karena dianggap tidak berguna. Padahal menurut penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Pharmacological and Pharmaceutical Sciences, biji durian mengandung nutrisi yang tidak kalah menakjubkan dengan dagingnya.

5 Manfaat Pantastis dari Biji Durian untuk Kesehatan
5 Manfaat Pantastis dari Biji Durian untuk Kesehatan

Berikut ini ulasan tentang manfaat biji durian :

1. Mengatasi masalah pencernaan

Biji durian mengandung serat yang baik untuk masalah pencernaan dan sembelit. Kandungan serat dilaporkan akan bekerja dengan makanan probiotik yang berkontribusi untuk menjaga sistem pencernaan.

2. Dapat digunakan sebagai sumber energi dan energi

Selain mengandung serat, biji durian juga mengandung kadar pati yang tinggi. Pati adalah karbohidrat kompleks yang tidak larut dalam air, dalam bentuk bubuk putih, segar, dan tidak berbau.

Senyawa ini juga tergolong energi tinggi, yang bisa membuat perut terisi lebih lama dari jenis karbohidrat lainnya.

Karena mengandung sari pati yang tinggi, menurut beberapa ahli biji durian dapat digunakan sebagai pengganti makanan karena dapat memasok kebutuhan energi seseorang.

3. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Selain itu biji durian juga dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi, karena mengandung fosfor dan kalsium yang tinggi. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat mencegah seseorang dari risiko osteoporosis.

4. Mengandung minyak esensial yang baik

Tidak kalah dengan daging, biji durian juga mengandung banyak lemak yang baik untuk kesehatan. Kabarnya, kandungan lemak dalam biji durian ini sama baiknya dengan minyak ikan.

Jadi, menurut para ahli kandungan lemak dalam biji durian direkomendasikan untuk digunakan oleh pasien dengan masalah kolesterol jahat.

5. Perkuat otot dan pertahankan daya tahan

Akhirnya, biji durian juga mengandung protein yang cukup sehingga bermanfaat dalam meningkatkan energi, memperkuat otot, dan menjaga daya tahan tubuh.

Itulah lima manfaat benih durian. Meski mengandung segudang manfaat, perlu dicatat, jangan pernah mengonsumsi biji durian dalam kondisi mentah, huh! Alasannya karena biji durian mentah mengandung asam lemak cyclopropene, yang merupakan racun berbahaya bagi tubuh.

Untuk bisa mendapatkan beragam manfaat, pastikan biji durian diproses terlebih dahulu; seperti merebusnya, menjadikannya bubuk atau tepung.