4 Manfaat Luar Biasa dari Biji Semangka untuk Kesehatan

Anda mungkin terbiasa membuang biji semangka saat Anda mengonsumsi buah merah yang menggoda ini. Meskipun menurut beberapa penelitian, biji semangka menawarkan segudang nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Biji semangka dapat dikonsumsi dengan beberapa pilihan. Pertama, Anda bisa mengeringkan biji ini dan kemudian mengkonsumsinya sebagai camilan. Kedua, Anda juga bisa menggunakan biji semangka untuk bahan dari sup hingga saus.

4 Manfaat Luar Biasa dari Biji Semangka untuk Kesehatan
4 Manfaat Luar Biasa dari Biji Semangka untuk Kesehatan

Berikut ini adalah manfaat biji semangka, yang telah kami rangkum di bawah ini:

1. Mengatur tekanan darah

Biji semangka mengandung banyak mineral dan magnesium. Padahal, jumlah magnesium dalam biji semangka adalah sekitar 556 mg atau 139 persen lebih banyak dari kebutuhan magnesium harian tubuh.

Karena kandungan magnesium yang melimpah, National Institutes of Health menyebut biji semangka dapat mengatur tekanan darah dan memproses karbohidrat. Selain itu, kandungan magnesium dalam biji semangka juga memiliki efek menguntungkan pada gula darah tubuh.

2. Menjaga sistem pencernaan

Selain magnesium, biji semangka juga kaya akan vitamin B. Menurut The American Cancer Society, vitamin B dalam biji semangka dibutuhkan untuk mengubah makanan menjadi energi.

Salah satu jenis vitamin B yang banyak ditemukan dalam biji semangka adalah niasin. Niasin penting untuk menjaga sistem pencernaan, sistem saraf, dan kesehatan kulit.

3. Dapat menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, konsumsilah biji semangka. Karena biji buah Citrullus lanatus rendah kalori sehingga bisa menurunkan berat badan.

Dalam jumlah satu ons biji semangka – sekitar 400 butir – mengandung 158 kalori. Dengan demikian, Anda bisa menjadikan biji semangka sebagai salah satu pilihan untuk asupan makanan.

4. Lindungi dari serangan jantung

Biji semangka mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang baik untuk kesehatan. Dalam satu ons biji semangka, sekitar 400 butir – mengandung 0,3 gram lemak tak jenuh tunggal, dan 1,1 gram lemak tak jenuh ganda.

Menurut American Heart Association, lemak ini bermanfaat dalam melindungi terhadap serangan jantung dan stroke, serta menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.