6 Manfaat Luar Biasa dari Kapulaga untuk Kesehatan

Kapulaga adalah jenis rempah yang serbaguna. Kapulaga digunakan sebagai bumbu dapur, karena dapat menghilangkan bau tengik dan amis pada daging dan aroma masakan.

Tidak hanya sebagai bahan dapur, kapulaga juga telah banyak digunakan sebagai obat sejak berabad-abad lalu. Biji, minyak, dan ekstrak dipercaya baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Memang, rempah-rempah di Indonesia terkenal dengan kemanjurannya untuk menjaga kesehatan.

6 Manfaat Luar Biasa dari Kapulaga untuk Kesehatan
6 Manfaat Luar Biasa dari Kapulaga untuk Kesehatan

Berikut ini telah diringkas berbagai sumber dari beberapa manfaat kapulaga untuk kesehatan tubuh:

1. Membantu Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Dalam sebuah penelitian, para peneliti memberi tiga gram bubuk kapulaga per hari kepada orang dewasa yang memiliki tekanan darah tinggi. Setelah 12 minggu, tingkat tekanan darah turun secara signifikan.

Para peneliti melihat bahwa tingkat antioksidan yang tinggi dan efek diuretik dalam kapulaga bertanggung jawab untuk ini. Bahkan, status antioksidan peserta meningkat 90% pada akhir penelitian.

2. Menjaga Kesehatan Ginjal dan saluran kemih

Manfaat kapulaga lain juga efektif untuk menyelesaikan masalah buang air kecil. Kapulaga yang memiliki sifat diuretik bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. Selain itu, kapulaga juga efektif dalam mencegah penyakit seperti infeksi saluran kemih dan radang ginjal. Kesehatan ginjal dan saluran kemih yang dipertahankan akan sangat membantu kelancaran fungsi sistem ekskresi tubuh.

3. Komponen Antikanker untuk Penyakit Kronis

Dalam sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa bubuk kapulaga dapat meningkatkan aktivitas beberapa enzim yang kemudian membantu melawan kanker. Bumbu ini juga dapat meningkatkan kemampuan sel untuk memblokir tumor.

4. Melindungi Tubuh dari Penyakit Kronis

Kapulaga sangat kaya akan komponen yang dapat melawan peradangan. Peradangan ini terjadi ketika tubuh Anda terpapar benda asing.

Dalam jangka panjang, ini dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis. Dalam studi tersebut ditemukan bahwa mengonsumsi bubuk kapulaga dapat mengurangi peradangan di hati, yang disebabkan oleh diet tinggi karbohidrat dan lemak.

5. Kesehatan Mulut untuk Mengurangi Stres

Manfaat kapulaga lain juga mampu menjaga kesehatan mulut dan tenggorokan. Kapulaga yang memiliki sifat anti-inflamasi dapat meringankan gejala seperti sariawan hingga sakit tenggorokan. Kapulaga juga diyakini efektif dalam menghilangkan bau mulut dan membuat pernapasan lebih segar.

6. Mengurangi stres

Manfaat lain dari kapulaga adalah untuk meningkatkan mood dan mengurangi stres. Kapulaga diyakini efektif sebagai obat herbal yang memiliki sifat antidepresan. Makan dan menghirup aroma kapulaga diyakini memberikan efek sedatif atau menenangkan. Konsumsi kapulaga secara teratur dapat terus membuat suasana hati Anda meningkat dan Anda dapat mengurangi dan juga menghindari stres.

  • Cara menggunakan kapulaga

Untuk mendapatkan kapulaga, Anda dapat menemukannya dalam berbagai bentuk. Mulai dari biji kapulaga kering, bubuk kapulaga, suplemen kapulaga, teh kapulaga, minyak kapulaga, hingga obat herbal kapulaga.

Anda dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan atau penyakit Anda. Jika Anda ingin menghilangkan stres, Anda bisa menggunakan teh kapulaga. Sedangkan untuk kapulaga sebagai obat penghilang rasa sakit, Anda dapat menggunakan minyak kapulaga atau dengan mengambil suplemen kapulaga.

Tidak ada dosis medis untuk penggunaan kapulaga, jadi Anda harus berhati-hati menggunakannya dan jangan menggunakannya secara berlebihan atau terlalu lama. Ya, jika Anda menggunakan terlalu banyak kapulaga untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkan efek samping seperti alergi dan komplikasi batu empedu.